by NN | 11 Mar 2025
Akomodasi hotel menjadi gerbang ideal untuk memperkenalkan kekayaan kuliner autentik Indonesia baik untuk wisatawan lokal maupun global. Saat menjelajahi berbagai daerah, Anda pasti ingin menikmati hidangan khas setempat, dengan cita rasa keaslian sajian lokal, tanpa harus meninggalkan kenyamanan hotel.
Marriott International Hotels and Resort di Indonesia terus memenuhi kebutuhan ini dengan menyajikan pengalaman kuliner autentik di seluruh jaringan hotelnya. Melalui program Loka Rasa, yang memasuki tahun ketiganya pada 2025, Marriott Bonvoy menghadirkan cita rasa Indonesia yang tak tertandingi di setiap sudut negeri.
Saat peluncurannya di #diIndonesiaAja Marriott Bonvoy Travel Fair pada Februari 2025, Loka Rasa by Marriott Bonvoy memperkenalkan 11 hidangan autentik Indonesia yang akan disajikan di seluruh jaringan hotelnya sepanjang tahun ini. Ke-11 hidangan khas Nusantara ini diciptakan oleh lima pakar kuliner terpilih yang membawa kekayaan rasa tradisional ke dalam pengalaman gastronomi yang tak terlupakan.
5 Chef yang mengkurasi 11 hidangan Indonesia di Loka Rasa 2025
Mereka adalah Chef Toni Azhari dari Lampung Marriott Resort dan Spa menyajikan Ayam Garang Asam dan Tongseng Kambing. Sementara Chef Yandri Lubis dari Four Points by Sheraton Surabaya, Pakuwon Indah yang menghadirkan Rendang Padang dan ‘Soto Betawi’.
Chef Simon Siswono dari TA’AKTANA, a Luxury Collection Resort & Spa, Labuan Bajo mempersembahkan Sate Padang dan Soto Banjar. Sedangkan Chef Roy Sanjaya dari The Laguna, a Luxury Collection Resort & Spa, Nusa Dua, Bali menampilkan Ayam Betutu dan Sate Lilit. Terakhir, Chef Michael Leuwol dari The Westin Resort Nusa Dua Bali menyuguhkan pilihan penutup manis khas Indonesia: Bubur Sumsum, Klappertaart, dan Es Doger.
Kreasi Sate Padang dari Chef Simon Siswono
Chef Simon Siswono berbagi pandangannya tentang stigma yang sering muncul seputar makanan Indonesia di hotel-hotel, yang kerap dimodifikasi hingga mengurangi keaslian cita rasa khas. Hal ini, menurutnya, sering mengacu pada penyesuaian penggunaan rempah-rempah dan pengurangan rasa pedas agar lebih sesuai dengan selera wisatawan mancanegara.
“Tujuan saya adalah mempertahankan keautentikan rasa Indonesia, namun tetap di-elevate. Seperti pada Sate Padang, saya menggunakan lidah sapi, meski banyak orang yang ragu untuk mencobanya, ternyata rasanya tidak kalah lezat dengan sirloin atau tenderloin. Begitu juga dengan Soto Banjar, saya menggunakan ayam Penjantan untuk kaldunya dan menambahkannya dengan kuah susu,” jelas Chef Simon saat memaparkan hidangan kreasinya di The Grand Ballroom Ritz-Carlton Pacific Place, Jakarta.
Tidak mengherankan jika Sate Padang Chef Simon menjadi salah satu favorit pengunjung, dengan antrean panjang yang terbentuk di sekitar live station. Begitu pula dengan Rendang Padang dari Chef Yandri Lubis, yang memikat pengunjung dengan sensasi pedas yang seimbang, tidak terlalu menggigit namun tetap penuh rasa.
Dari cerita para chef, tergambar bahwa banyak orang terutama wisatawan mancanegara, sering kali menganggap masakan Indonesia identik dengan rasa pedas yang kuat. Akhirnya banyak yang mencoba untuk mengurangi rasa pedas tersebut, namun ternyata justru bisa menghilangkan esensinya.
“Padahal, masakan Indonesia sangat beragam, dan setiap daerah memiliki ciri khas rasa masing-masing. Jika sebuah hidangan memang memiliki sensasi pedas, kami tetap akan mempertahankannya. Di restoran Indonesia kami Umasa di TA’AKTANA, a Luxury Collection Resort & Spa, Labuan Bajo, misalnya, kami menyajikan rendang autentik yang lezat dan semua orang yang mencobanya pasti akan membungkusnya untuk dibawa pulang, tambah Chef Simon.
Kini, Anda bisa menikmati kesebelas hidangan autentik Loka Rasa 2025 yang hadir di lebih dari 70 hotel dan resor Marriott Bonvoy yang berpartisipasi. Semua hidangan spesial ini tersedia baik di restoran hotel maupun melalui layanan makanan di kamar.
“Dua tahun lalu, Loka Rasa berhasil menarik minat wisatawan untuk mencicipi hidangan lokal tanpa perlu mencarinya di luar hotel. Kami terus dan akan menyajikan kuliner Indonesia dengan orisinalitas dan cita rasa khas yang konsisten di setiap hotel dan resor Marriott di Indonesia,” tutup Senior Area Director of Operations, Indonesia & Malaysia Marriott Bonvoy Masri.